Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi di Tanjung Jabung Barat

Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi di Tanjung Jabung Barat


Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi di Tanjung Jabung Barat - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi di Tanjung Jabung Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam blog Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi di Tanjung Jabung Barat, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments