Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi di Pidie Jaya

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi di Pidie Jaya



Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi di Pidie Jaya - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi di Pidie Jaya


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi dalam halaman Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi di Pidie Jaya, semoga ada manfaatnya.

0 comments