Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangkah

Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangkah


Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangkah - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangkah


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di blog Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangkah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments