Membuat Kopi Hitam Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cisayong, Tasikmalaya

Membuat Kopi Hitam Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cisayong, Tasikmalaya



Membuat Kopi Hitam Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cisayong, Tasikmalaya - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cisayong, Tasikmalaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di web Membuat Kopi Hitam Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cisayong, Tasikmalaya, moga-moga berguna.

0 comments