Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Kios Coffee Maker di Kapuas Tengah, Kapuas

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Kios Coffee Maker di Kapuas Tengah, Kapuas


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Kios Coffee Maker di Kapuas Tengah, Kapuas - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Kios Coffee Maker di Kapuas Tengah, Kapuas


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam web Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Kios Coffee Maker di Kapuas Tengah, Kapuas, moga-moga bermanfaat.

0 comments