Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Asam Jujuhan, Dharmasraya

Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Asam Jujuhan, Dharmasraya


Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Asam Jujuhan, Dharmasraya - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Asam Jujuhan, Dharmasraya


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di website Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Asam Jujuhan, Dharmasraya, moga-moga berpengaruh.

0 comments