Jenis Kopi Bali – Toko Online Coffee Maker Di Enrekang

Jenis Kopi Bali – Toko Online Coffee Maker Di Enrekang



Jenis Kopi Bali – Toko Online Coffee Maker Di Enrekang - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Toko Online Coffee Maker Di Enrekang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di blog Jenis Kopi Bali – Toko Online Coffee Maker Di Enrekang, moga-moga bermakna.

0 comments