10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Kediri

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Kediri


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Kediri - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Kediri


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam blog 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Kediri, moga-moga berpengaruh.

0 comments