Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah di halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat, mudah-mudahan berguna.

0 comments