Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker di Karanggede, Boyolali

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker di Karanggede, Boyolali



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker di Karanggede, Boyolali - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker di Karanggede, Boyolali


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam halaman Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker di Karanggede, Boyolali, moga-moga berguna.

0 comments