Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Grong Grong, Pidie

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Grong Grong, Pidie


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Grong Grong, Pidie - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari tipenya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Grong Grong, Pidie


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam blog Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Grong Grong, Pidie, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments