Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Coffee Maker Di Borong

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Coffee Maker Di Borong



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Coffee Maker Di Borong - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Coffee Maker Di Borong


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam web Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Coffee Maker Di Borong, moga-moga ada gunanya.

0 comments