Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Tenjo, Bogor

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Tenjo, Bogor



Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Tenjo, Bogor - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Tenjo, Bogor


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan dalam blog Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Tenjo, Bogor, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments