Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Kiaracondong, Bandung

Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Kiaracondong, Bandung



Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Kiaracondong, Bandung - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Kiaracondong, Bandung


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam website Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Kiaracondong, Bandung, moga-moga bermanfaat.

0 comments