Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker di Maluku Barat Daya

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker di Maluku Barat Daya


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker di Maluku Barat Daya - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker di Maluku Barat Daya


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam blog Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker di Maluku Barat Daya, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments