Khasiat Kopi Hijau Nareena – Online Shop Coffee Maker di Cineam, Tasikmalaya

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Online Shop Coffee Maker di Cineam, Tasikmalaya


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Online Shop Coffee Maker di Cineam, Tasikmalaya - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Online Shop Coffee Maker di Cineam, Tasikmalaya


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam web Khasiat Kopi Hijau Nareena – Online Shop Coffee Maker di Cineam, Tasikmalaya, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments