Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Barat

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Barat


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Barat - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Barat


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di halaman Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Halmahera Barat, moga-moga ada gunanya.

0 comments