Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Pagaden, Subang

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Pagaden, Subang



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Pagaden, Subang - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Pagaden, Subang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di blog Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Pagaden, Subang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments