Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Coffee Maker di Kapuas Hulu

Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Coffee Maker di Kapuas Hulu



Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Coffee Maker di Kapuas Hulu - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Coffee Maker di Kapuas Hulu


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun kekhasan paling kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam blog Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Coffee Maker di Kapuas Hulu, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments