Kebaikan Kopi Pahit – Penjual Coffee Maker Di Asmat

Kebaikan Kopi Pahit – Penjual Coffee Maker Di Asmat



Kebaikan Kopi Pahit – Penjual Coffee Maker Di Asmat - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah tahu keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Pahit – Penjual Coffee Maker Di Asmat


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di web Kebaikan Kopi Pahit – Penjual Coffee Maker Di Asmat, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments