Khasiat Kopi Badang – Kios Coffee Maker Di Leuwisari, Tasikmalaya

Khasiat Kopi Badang – Kios Coffee Maker Di Leuwisari, Tasikmalaya



Khasiat Kopi Badang – Kios Coffee Maker Di Leuwisari, Tasikmalaya - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Kios Coffee Maker Di Leuwisari, Tasikmalaya


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam web Khasiat Kopi Badang – Kios Coffee Maker Di Leuwisari, Tasikmalaya, moga-moga bermanfaat.

0 comments