Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Pembuat Kopi Di Plantungan, Kendal

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Pembuat Kopi Di Plantungan, Kendal



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Pembuat Kopi Di Plantungan, Kendal - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengerti keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Pembuat Kopi Di Plantungan, Kendal


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di halaman Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Pembuat Kopi Di Plantungan, Kendal, semoga bermanfaat.

0 comments