Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Jatiluhur, Purwakarta

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Jatiluhur, Purwakarta



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Jatiluhur, Purwakarta - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Jatiluhur, Purwakarta


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di website Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Jatiluhur, Purwakarta, semoga ada manfaatnya.

0 comments