Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Datuk Bandar, Tanjungbalai

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Datuk Bandar, Tanjungbalai



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Datuk Bandar, Tanjungbalai - Biar makin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Datuk Bandar, Tanjungbalai


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di blog Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Datuk Bandar, Tanjungbalai, moga-moga berguna.

0 comments