Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banjar Baru, Tulang Bawang

Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banjar Baru, Tulang Bawang


Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banjar Baru, Tulang Bawang - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banjar Baru, Tulang Bawang


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di halaman Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banjar Baru, Tulang Bawang, moga-moga bermanfaat.

0 comments