Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Lawe Bulan, Aceh Tenggara

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Lawe Bulan, Aceh Tenggara



Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Lawe Bulan, Aceh Tenggara - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Lawe Bulan, Aceh Tenggara


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di web Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Lawe Bulan, Aceh Tenggara, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments