Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Gading

Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Gading


Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Gading - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Gading


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam halaman Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Gading, semoga ada manfaatnya.

0 comments