Jenis Biji Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Muara Bangkahulu, Bengkulu

Jenis Biji Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Muara Bangkahulu, Bengkulu



Jenis Biji Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Muara Bangkahulu, Bengkulu - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Muara Bangkahulu, Bengkulu


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di website Jenis Biji Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Muara Bangkahulu, Bengkulu, semoga ada manfaatnya.

0 comments