Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Coffee Maker di Pengadegan, Purbalingga

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Coffee Maker di Pengadegan, Purbalingga


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Coffee Maker di Pengadegan, Purbalingga - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Coffee Maker di Pengadegan, Purbalingga


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam website Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Coffee Maker di Pengadegan, Purbalingga, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments