Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukodadi, Lamongan

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukodadi, Lamongan



Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukodadi, Lamongan - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukodadi, Lamongan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam website Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukodadi, Lamongan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments