Jenis Kopi Bali – Toko Mesin Coffee Maker Di Maospati, Magetan

Jenis Kopi Bali – Toko Mesin Coffee Maker Di Maospati, Magetan



Jenis Kopi Bali – Toko Mesin Coffee Maker Di Maospati, Magetan - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Toko Mesin Coffee Maker Di Maospati, Magetan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam halaman Jenis Kopi Bali – Toko Mesin Coffee Maker Di Maospati, Magetan, mudah-mudahan berguna.

0 comments