Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lumbang, Pasuruan

Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lumbang, Pasuruan



Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lumbang, Pasuruan - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lumbang, Pasuruan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel dalam blog Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lumbang, Pasuruan, moga-moga bermakna.

0 comments