Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Pembuat Kopi di Tugumulyo, Musi Rawas

Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Pembuat Kopi di Tugumulyo, Musi Rawas


Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Pembuat Kopi di Tugumulyo, Musi Rawas - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Pembuat Kopi di Tugumulyo, Musi Rawas


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di website Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Pembuat Kopi di Tugumulyo, Musi Rawas, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments