Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Rangsang Barat, Kepulauan Meranti

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Rangsang Barat, Kepulauan Meranti


Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Rangsang Barat, Kepulauan Meranti - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Rangsang Barat, Kepulauan Meranti


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam halaman Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Rangsang Barat, Kepulauan Meranti, semoga bermakna.

0 comments