Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Amandraya, Nias Selatan

Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Amandraya, Nias Selatan



Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Amandraya, Nias Selatan - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Amandraya, Nias Selatan


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di website Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Amandraya, Nias Selatan, moga-moga berpengaruh.

0 comments