Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bener Meriah

Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bener Meriah


Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bener Meriah - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bener Meriah


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di website Jenis Kopi Di Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bener Meriah, moga-moga bermanfaat.

0 comments