Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Parenggean, Kotawaringin Timur

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Parenggean, Kotawaringin Timur


Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Parenggean, Kotawaringin Timur - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah paham karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Parenggean, Kotawaringin Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam halaman Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Parenggean, Kotawaringin Timur, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments