Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Dumai Barat, Siak

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Dumai Barat, Siak


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Dumai Barat, Siak - Biar makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Dumai Barat, Siak


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di web Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Dumai Barat, Siak, mudah-mudahan berguna.

0 comments