Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau


Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua telah tahu karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam blog Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau, semoga ada manfaatnya.

0 comments