Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi di Mundu, Cirebon

Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi di Mundu, Cirebon


Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi di Mundu, Cirebon - Kendati kian ramai pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi di Mundu, Cirebon


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam halaman Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi di Mundu, Cirebon, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments