Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batu Hampar, Rokan Hilir

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batu Hampar, Rokan Hilir


Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batu Hampar, Rokan Hilir - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batu Hampar, Rokan Hilir


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam web Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batu Hampar, Rokan Hilir, semoga berguna.

0 comments