Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Kaduhejo, Pandeglang

Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Kaduhejo, Pandeglang



Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Kaduhejo, Pandeglang - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Kaduhejo, Pandeglang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di web Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Kaduhejo, Pandeglang, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments