Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sendang Agung, Lampung Tengah

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sendang Agung, Lampung Tengah


Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sendang Agung, Lampung Tengah - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sendang Agung, Lampung Tengah


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam web Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sendang Agung, Lampung Tengah, semoga ada manfaatnya.

0 comments