Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Coffee Maker di Limapuluh, Batu Bara

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Coffee Maker di Limapuluh, Batu Bara



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Coffee Maker di Limapuluh, Batu Bara - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Coffee Maker di Limapuluh, Batu Bara


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Coffee Maker di Limapuluh, Batu Bara, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments