Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Gading Cempaka, Bengkulu

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Gading Cempaka, Bengkulu



Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Gading Cempaka, Bengkulu - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Gading Cempaka, Bengkulu


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Gading Cempaka, Bengkulu, moga-moga berguna.

0 comments