Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Coffee Maker di Kalianda

Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Coffee Maker di Kalianda


Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Coffee Maker di Kalianda - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Coffee Maker di Kalianda


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam blog Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Coffee Maker di Kalianda, semoga bermanfaat.

0 comments