Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Widang, Tuban

Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Widang, Tuban



Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Widang, Tuban - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Widang, Tuban


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Widang, Tuban, semoga berguna.

0 comments