Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Pembuat Kopi di Cijeruk, Bogor

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Pembuat Kopi di Cijeruk, Bogor


Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Pembuat Kopi di Cijeruk, Bogor - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Pembuat Kopi di Cijeruk, Bogor


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel di halaman Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Pembuat Kopi di Cijeruk, Bogor, semoga ada gunanya.

0 comments