Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Mesin Coffee Maker Di Rambang, Muara Enim

Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Mesin Coffee Maker Di Rambang, Muara Enim


Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Mesin Coffee Maker Di Rambang, Muara Enim - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Mesin Coffee Maker Di Rambang, Muara Enim


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di website Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Mesin Coffee Maker Di Rambang, Muara Enim, moga-moga bermanfaat.

0 comments