Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Coffee Maker di Lae Parira, Dairi

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Coffee Maker di Lae Parira, Dairi


Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Coffee Maker di Lae Parira, Dairi - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Coffee Maker di Lae Parira, Dairi


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di halaman Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Coffee Maker di Lae Parira, Dairi, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments